Minggu, 30 Desember 2012

DIET IKAN dapat Membantu Mencegah Kematian Medadak Penyakit Koroner


Para periset Belanda melaporkan, makan ikan kaya asam lemak omega-3 dapat membantu mencegah kematian koroner mendadak. Diet ikan untuk jangka panjang lebih efektif. Hanya sesekali makan ikan salmon atau ikan berlemak lainnya tak akan mendapatkan khasiat ini.
Tim ahli dari Netherlands’ National Institute for Public Healt and the Environment meneliti data 40 tahun pada 1.373 pria Belanda berumur 40 tahun ke atas. Pria yang melaporkan makan ikan berlemak rata-rata 6 gram sehari atau 2 saji menurut panduan saji USDA, berkemungkinan lebih kecil 55% meninggal mendadak karena penyakit koroner dibanding pria yang tidak makan ikan berlemak. Khasiat ini paling kuat sebelum umur 50 tahun dan dengan konsumsi jangka panjang ikan berlemak.
Para periset menduga khasiat ini berasal dari asam lemak omega-3 EPA dan DHA yang antara lain terdapat pada ikan salmon dan mackerel. Studi tidak menunjukan jumlah persis EPA dan DHA yang diperlukan untuk mencegah kematian mendadak koroner. Atau ikan apa yang dimakan kaum pria itu. hasil temuan dipresentasikan pada American Heart Association’s 48th Annual Conference on Cardiovascular Disease Epidemiology.


Sumber : Majalah dan Tabloid AURA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar