·
Arsitektur
Perbankan Indonesia
Adalah suatu kerangka dasar sistem perbankan
indonesia yang bersifat menyeluruh dan memberikan arah, bentuk, dan tatanan
industri perbankan rentang waktu lima sampai sepuluh tahun ke depan.
Visi API
Mencapai
suatu sistem perbankan yang sehat, kuat dan efisien guna menciptakan kestabilan
sistem keuangan dalam rangka membantu mendorong kestabilan sistem keuangan
dalam rangka membantu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.
Untuk
mempermudah pencapaian API maka BI menetapkan 6 sasaran yang ingin dicapai yg
dituangkan kedalam 6 pilar yang saling terkait satu sama lain. Yaitu :
1.
Menciptakan struktur perbankan domestik yang sehat
yang mampu memebi=uhi kebutuhan masyarakat dan mendorng pembangunan ekonomi
nasional yang berkesinambungan.
2.
Menciptakan sistem pengaturan dan pengawasan bank
yg efektif dan mengacu pada standar internasional.
3.
Menciptakan industri perbankan yg kuat dan
memiliki daya saing yg tinggi serta memiliki ketahanan dalam menghadapi resiko
4.
Menciptakan good corporate governane dalam rangka
memperkuat kondisi internal perbankan nasional
5.
Mewujudkan infrastruktur yg lengkap untuk
mendukung terciptanya industri perbankan
yg sehat
6.
Mewujudkan pemberdayaan dan perlindungan konsumen
jasa perbankan
·
Progam
Kegiatan API
Ke-enak pilar API diatasm akan dilaksanakan
melalui beberapa progam kegiatan sbg berikut :
1.
Progam penguatan struktur perbankan nasional
Progam
ini bertujuan untuk memperkuat permodalan bank umum (konvensional dan syariah)
dalam rangka meningkatkan kemmapuan bank mengelola usaha maupun resiko,
mengembangkan teknologi informasi, maupun meningkatkan skala usahanya guna
mendukung penngkatan kapasitas pertumbuhan kredit perbankan, Implementasi
progam penguatan permodalan bank dilaksanakan secara bertahap.
2.
Progam peningkatan kualitas pengaturan perbankan
Progam
ini bertujuan untuk meningkatkan efektivitas pengaturan serta memenuhi standar
pengaturan yg mampu mengacu pada
internasional best practices.
3.
Progam peningkatan fungsi pengawasan
Progam
ini bertujuan untuk meningkatkan independensi dan efektifitas pengawasan
perbankan yg dilakukan oleh bank indonesia
4.
Progam peningkatan kualitas manajemen dan
operasional perbankan
Progam
ini bertujuan utuk meningkatkan good corporate governance (GCG), kualitas
manajemen resiko dan kemampuan operasional manajemen
5.
Progam pengembangan infrastruktur perbankan
Progam
ini bertujuan untuk mengembangkan sarana pendukung operasional perbankan yg
efektid seperti credit bureau, lembaga pemeringkat kredit domestik, dan
pengembangan skim penjamin kredit
6.
Progam peningkatan perlindungan nasabah
Progam
ini bertujuan untuk memberdayakan nasabah melalui penetapan standar penyusunan
mekanisme pengaduan nasabah, pendirian lembaga mediasi independen, peingkatan
transparasi informasi produk perbankan dan edukasi bagi nasabah
Tidak ada komentar:
Posting Komentar