Selasa, 14 Januari 2014

Macam-macam Kucing Totol


·       Kucing Egyptian Mau

 

Kucing yang mengagumkan ini adalah satu-satunya jenis alami dari kucing tutul. Berasal dari Mesir. Memiliki warna perak, perunggu, hitam dan biru. Perangainya sanagt aktif,cerdas dan menghibur. Ciri yang berbeda dari kucing lainya yaitu bentuk pol bulu yang berbintik atau tutunya yang kehliatan kontras dengan warna tanah. Tutul gelap tersebar secara sembarang. Kaki dan ekor sama-sama memiliki warna yang lebih gelap. Kucing ini memiliki mata hijau yang ekspresi, seperti memiliki garis mata yang khas, dan ekspresi cemas waspada di wajahnya.








·       Kucing Savana

 

Kucing Savana ini memiliki postur tubuh yang lebih besar dibangingkan kucing lain pada umumnya. Kucing ini merupakan perkawinan silang antara serval dan kucing domestik. Savana memiliki sikap yang patuh dan setia seperti anjing. Mereka juga dapat dilatih untuk berjalan di atas tali. Savana yang sangat ingin tahu, dan telah dikenal masuk ke dalam segala macam hal. Kucing jenis ini telah sering belajar bagaimana untuk membuka pintu dan lemari. Savana merupakan kucing yang tidak takut dengan air. Beberapa pemilik bahkan mandi dengan kucing mereka Savana.











·       Kucing Australian Mist
 
 


Ras Australian Mist (sebelumnya dikenal sebagai Spotted Mist) adalah ras yang dikembangkan di Australia. Ras ini dikembangkan dengan menyilangkan kucing ras Busma, ethiopia dan ras kucing Domestik Shorthair. Diharapkan diperolehnya ras kucing shorthaire dengan mantel rambut spot-spot. Perubahan nama dari 'Spotted Mist' menjadi 'Mist Australia' terjadi pada tahun 1998.

Pola mantel bulu terdiri dari memiliki tiga corak warna. Warna dasar: lebih pucat dari pola. Warna pola: lembut meskipun berbeda dari warna dasar. Tampak seperti memakai kerudung, disebabkan dengan adanya pencampuran area acak dari masing-masing pola. Kaki dan ekor memiliki pola cincin dan wajah serta leher juga memiliki corak garis-garis halus.

Kucing Australian Mist merupakan ras kucing yang dikembangkan oleh Dr. Truda Straede sejak tahun 1976 di Australia. Dulunya kucing ini lebih dikenal dengan nama Spotted Mist. Kucing ini ras baru ini merupakan hasil persilangan dari Kucing Burmese, Abyssinian, dan beberapa kucing berbulu pendek lainnya.
Tujuan dari pengembangbiakan ini adalah untuk menghasilkan sebuah ras kucing dengan corak bulu tutul, dan lahirlah kucing Australian Mist ini. Nama kucing ini diubah dari Spotted Mist menjadi Australian Mist sejak 1998, ketika beberapa kucing yang bercorak "marble" bukan tutul (spotted) juga dimasukkan sebagai bagian dari kucing ras ini.
Kucing ini merupakan kucing berukuran medium dan berbulu pendek. Terdapat 3 tingkatan pola bulu pada kucing jenis ini yaitu ; ground colour (warna dasar), paler than pattern (lebih pucat dari pattern);  dan pattern (lebih cerah dari warna dasar).
Kucing Australian Mist disebut sebagai hewan piaraan yang sempurna untuk anak-anak segala usia karena mereka cenderung sangat toleran terhadap sentuhan, serta tidak suka mencakar. Kucing ini juga cenderung lebih suka berada di dalam rumah saat malam hari. Sehingga sangat cocok dipelihara oleh oraang-orang yang tinggal di wilayah Australia yang terkena jam malam kucing untuk melindungi satwa asli Australia.
Hoby mereka tiduran dipangkuan orang di dekatnya, meski tanpa diminta, membuat mereka menjadi binatang yang berkesan penuh kasih sayang. Mereka juga dapat menjadi teman yang baik bagi hewan-hewan peliharaan lain, termasuk beberapa jenis anjing. Dan kucing Australian Mist yang benar-benar bagus akan dengan cepat menjadi bagian dari keluarga besar anda.
Karena ras kucing ini masih tergolong baru, kebanyakan peternakan kucing Australian Mist berada di Australia, dan sebagian kecil sudah ada di Inggris. Meskipun demikian, pemelihara kucing ras ini juga sudah menyebar ke Amerika dan beberapa negara lainnya. Mungkin juga Indonesia.
Peternak kucing Inggris pertama yang membiakkan kucing Australian Mist bernama Mary Stuart. Dia membeli 2 ekor kucing Australian Mist yang tengah hamil pada februari 2007. Kemudian pada bulan Agustus di tahun yang sama diimpor juga seekor pejantan dan seekor betina lagi. Dan 2 tahun kemudian jumlahnya tercatat ada setidaknya 100 ekor kucing Australian Mist di Inggris.
Ras kucing ini mendapatkan status "championship" atau boleh ikut dalam kontes, di Inggris sejak Oktober 2011 oleh Governing Council of the Cat Fancy (GCCF). Sedangkan di Australia sendiri konon kucing Australian Mist sudah merayakan 20 tahun status "championship" pada tahun 2006







·        Kucing Bengal



Bengal merupakan ras kucing baru hasil hibrid antara Asia Kucing Leopard dan kucing domestik - terutama Maus Mesir , American Shorthair , Abyssinian , Ocicat, dan kucing shorthaired dalam negeri, serta Bengal jantan generasi selanjutnya. Kucing Bengal memilik ciri atau tanda-tanda corak , seperti bintik-bintik besar, seperti mawar, dan putih, dan struktur tubuh dari Asian Leopard Cat (Prionailurus bengalensis bengalensis). Kucing Bengal memiliki penampilan seperti ras kucing liar tetapi berkarakter temperamen lembut seperti kucing domestik .Nama kucing Bengal berasal dari nama taksonomi dari Asian Leopard Cat (P. b. bengalensis), dan tidak ada hubungan harimau Bengal.

Kucing Bengal merupakan hasil persilangan dari kucing American Shorthair dengan Asian leopard cat (ALC) atau mungkin kita lebih sering menyebutnya Blacan. Sebelumnya saya juga sempat bingung kenapa kucing ini memiliki penampilan yang sangat mirip dengan Blacan yang saya punya. Ternyata memang kucing Bengal merupakan keturunan dari Blacan juga.
Kucing ini merupakan keturunan ketiga dari program persilangan yang dilakukan. Sehingga Bengal mendapatkan perawakan yang liar dengan badan berotot, dan pola tutul mirip macan tutul dari Blacan dan darah kucing domestik yang mengalir di tubuhnya membuat sifatnya menjadi jauh lebih jinak dari ALC.
Nama "bengal" diambil dari nama ilmiah Asian Leopard Cat yang disebut sebagai Bengal Tiger. Namun belum jelas Asian Leopard Cat yang mana yang menjadi nenek moyang kucing ini. Mengingat yang saya tahu Blacan bukanlah kucing yang berukuran besar, sedangkan kucing Bengal merupakan kucing yang berukuran besar. 
Namun setelah saya cari-cari tahu, akhirnya saya menemukan jawabannya. Dimungkinkan ukuran tubuhnya ini merupakan warisan dari kucing American Shorthair yang berbadan besar yang menjadi akar mula ras bengal ini. Setelah persilangan pertama, kemudian anakan yang dihasilkan disilangkan kembali dengan bapaknya. Sehingga sifat liarnya benar-benar hilang.
Pada tahun 1973 program persilangan tersebut dilanjutkan lagi oleh  Dr. Centerwall dari California University untuk mendapatkan Asian Leopard Cat yang tahan terhadap penyakit Feline Leukemia. Tidak mengherankan jika harga kucing Bengal sangat mahal karena kualitasnya benar-benar sudah teruji.
Pada tahun 1998 seekor kucing Bengal yang bernama Cato memecahkan rekor sebagai kucing termahal di dunia dengan harga $41.435 atau sekitar Rp 372,6 Juta saat ini. Pembelinya adalah seorang yang bernama Cindy Jackson yang tinggal di London, Inggris. Rekor kucing termahal di dunia ini baru terpecahkan pada tahun 2005.
Pada tahun 1983 ras kucing ini didaftarkan ke asosiasi/federasi TICA, sedangkan federasi FiFe baru belakangan ini mengakuinya. Kemudian pada tahun 1991 kucing Bengal untuk pertama kalinya diperkenalkan di Perancis.
Kucing bengal memiliki karakteristik yang aktif dan cerdas. Dan yang unik dari kucing ini adalah kesukaannya terhadap air. Mereka akan senang ketika tubuhnya basah terkena air. Sangat berbeda dengan kebanyakan jenis kucing yang ada.
Yang jual kucing bengal murah di Indonesia sebenarnya sudah cukup banyak. Hanya saja yang diklasifikasikan murah itu berbeda-beda. Beberapa waktu lalu saya cek di sebuah situs jual beli online Indonesia, ada yang jual anak kucing bengal dengan harga paling murah Rp6.000.000.













·       Kucing Ocicat

 

Ocicat cat merupakan jenis kucing yang masih jarang ditemui dan merupakan jenis kucing yang baru yang memiliki bintik-bintik menyerupai kucing liar dan perangai seperti kucing domestik. Spesies ini sebenarnya merupakan campuran dari Siam dan Abyssinian , dan juga Shorthairs Amerika.










·       MARGAY


Margay (Leopardus wiedii) menyerupai kucing rumahan, tetapi lebih kecil dari kucing rumah. Margay juga memiliki kaki yang relatif lebih panjang dari seekor kucing rumah dan merupakan pemanjat pohon yang sangat baik. Kucing ini tersebar di wilayah membentang dari Mexico ke bawah melalui Brazil. Spesies ini mulai terancam dan jarang terlihat, karena hanya berburu di malam hari dan tetap tersembunyi di hutan hujan.























Tidak ada komentar:

Posting Komentar